Skip to content

Kunci Sukses Perusahaan

February 5, 2007

Keseimbangan Empat Perspektif Perusahaan

Perusahaan manapun telah menetapkan target-target perusahaan yang menantang, hal ini disebabkan perusahaan ingin mendapatkan kesuksesan, keuntungan dan market share yang lebih luas.

Masa depan perusahaan (PROSPECT) berupa keuntungan finansial dan non finasial, kemakmuran dan terus berkembang adalah wilayah imajinasi, impian dan keyakinan. Untuk dapat mewujudkan impian tersebut masih dibutuhkan sejumlah persiapan, program dan kompetisi dengan pesaing agar dapat memenangkan bisnis serupa di area yang sama dan pelanggan yang sama.

Dalam pendekatan balanced scorecard, bahwa prospek (PROSPECT) perusahaan dapat terwujud, hanya jika perusahaan tersebut memiliki sejumlah keuntungan (PROFIT). Keuntungan-keuntungan perusahaan dapat berupa indikator keuangan dan non keuangan. Juga dengan keuntungan-keuntungan yang telah diperoleh, maka akan dapat digunakan untuk membayar atau mewujudkan impian masa depan perusahaan.

Perusahaan akan mendapatkan sejumlah keuntungan, hanya jika perusahaan mampu menghasilkan produk (PRODUCT) yang diminati dan dibeli oleh pelanggan. Dengan jumlah pembelian yang tinggi, serta pangsa pasar yang semakin luas, maka profit perusahaan akan semakin besar.

Perusahaan akan dapat memiliki produk yang kompetitif, bermutu dan diminati oleh pelanggan, hanya jika perusahaan mampu melakukan proses bisnis (PROCESS) secara efektif, efisien, memenuhi apa yang dijanjikan kepada pelanggan, bekerja dengan zero defects dan zero reject, bekerja dengan standar mutu, terus melakukan inovasi serta memiliki keunggulan pada indikator proses bisnis telekomunikasi lainnya.

Proses bisnis yang unggul akan dapat terwujud, jika tersedia sejumlah sumber daya yang sesuai dengan kebutuhan. Sumber daya yang pertama dan utama adalah sumber daya manusia (PEOPLE). Keunggulan SDM terletak pada kekuatan spiritual, emosional, intelektual, fisik, manajemen diri dan kekuatan sosial (keluarga, tim).

Wilayah khayalan dan impian masa depan perusahaan akan terwujud, hanya jika dilakukan pembinaan dan manajemen dan menjaga dengan baik keseimbangan dari 4 perspektif People, Process, Product dan Profit.

by Trustco

From → Ekonomi

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: