Skip to content

Cherrypy Web Framework

September 27, 2010

Aplikasi web kini menjadi pilihan programmer untuk membangun berbagai macam aplikasi. Disamping kemudahan untuk menggabungkan dengan system internet, aplikasi berbasis web banyak didukung berbagai macam teknologi internet terbaru yang berkembang dengan pesatnya. Dengan demikian tentu saja akan membuat aplikasi menjadi mudah untuk diintegrasikan.

Nah, salah satu bahasa pemrograman yang dinamis, object-oriented dan mendukung high-level typing kini menyediakan framework untuk membuat aplikasi web dengan mudah. Pyhton kini mampu menjadi jembatandalam menghubungkan kemapuan python dengan teknologi web. Framework itu dinamakan Cherrypy. Framework ini murni pythonic framework sehingga mudah sekali untuk digabungkan dengan skalabilitas kemampuan python yang telah teruji di banyak bidang.

Kelebihan Cherrypy

Kemampuan lebih dari bahasa pemrograman banyak menjadi criteria utama pemilihan bahasapemrograman yang cocok untuk dipakai dalam suatu pekerjaan.Bukan rahasia lagi bahwa framework yang baik adalah yang mendukung konsep MVC sehingga mampu dipisahkan pekerjaan logic control dengan desain tampilan. Selain itu tentu saja kemudahan dalam mengabungkan antara logic dengan layer presentyasi/tampilan.Untuk hal ini, cherrypy memberi kita solusinya. Dengan Cherrypy kita dapat membangun system dengan memisahkan desain html tampilan secara bersih. Kita dapat menggunakan Cherrypy template dengan mengakses fungsi renderTemplate secara mudah. Lalu bagaimana dengan database?, jawabannya mudah sekali. Pyhton mendukung system poll sehingga di desain logic program kita tinggal mengkases database sesuai yang kita mau kemudian secara otomatis di poll dan kemudian kita render di html dengan menggunakan tag cherrpytemplate.

Mengapa memilih Python?

Sekali lagi, pemilihan bahasa pemrograman tidaklah mutlak sesuai untuk semua orang. Namun kita bisa lihat dari skalabilitasnya. Python didukung dengan modul-modul yang sangat banyak dan bervariasi mulai dari modul sains yang sangat cocok untuk aplkikasi-aplikasi komputasi numeric. Nah, hal yang menarik adalah jika kia bias mengabungkan teknologi online dengan kemampuan tersebut, apa yang terjadi? Sebuah system yang mampu mengakases low-resource bahkan pekerjaan komputasi yang dapat diakses informasi olahannya secara online.

Copas dari http://rhdblog.wordpress.com/

From → Iptek

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: