Skip to content

Kustomisasi Webmail Hosting

December 16, 2010

Akses email di hosting (berbayar) biasanya bisa dilakukan baik melalui Mail Client semacam Outlook Express, Evolution, Mozilla Thunderbird, dan sebagainya maupun melalui webmail (via cPanel). Namun sering ada pertanyaan, bagaimana cara mengakses email lewat webmail tanpa melalui cPanel terlebih dahulu?

Untuk menjawab pertanyaan diatas, bahwa akses email lewat Webmail TIDAK HARUS lewat/login dulu ke cPanel anda. Anda bisa mengakses webmail anda dengan url http://namadomainanda/webmail. Dari link tersebut, akan keluar popup login untuk memasukkan username dan password yang sebelumnya anda buat account emailnya dari cpanel. Setelah anda login, akan keluar 2 opsi untuk mengakses email melalui aplikasi Horde atau Squirellmail.

Default webmail diatas akan dilarikan ke port 2095 yang menjadi default port akses webmail anda, masalah baru timbul, ketika ternyata ada beberapa layanan koneksi internet (ISP) yang memblok port 2095 tersebyt, ataupun blocking terjadi di lokal network pengakses (biasanya di kantor/instansi).

Bagaimana mengatasi hal ini ?

Satu tips untuk solusi permasalahan diatas adalah membuat halaman login sendiri dengan default aplikasi webmail Squirellmail (port:80). Bagaimana cara membuatnya ?

Berikut langkah-langkahnya :

  1. Download aplikasi squirellmail
  2. Upload ke dalam public_html hosting anda
  3. Ekstrak file tsb, kemudian rename nama foldernya menjadi nama yang mudah anda ingat, misalnya wmail. Kemudian buat subdomainnya, supaya anda bisa mengaksesnya nanti dengan http://wmail.namadomainanda.
  4. Selanjutnya buat 2 buah folder baru di dalam folder squirellmail anda (dalam contoh ini adalah folder wmail), masing-masing beri nama smdata dan attach. Lalu ubah permissionnya menjadi 777 untuk smdata dan 733 untuk attach. Folder smdata digunakan untuk temp folder ketika melakukan pengiriman email, sedangkan attach sebagai temp folder attachment email anda.
  5. Berikutnya adalah melakukan setup halaman login squirellmail anda. Masuk ke folder config dari squirellmail anda lalu edit file config_default.php dan simpan ke file baru dengan nama config.php sehingga menjadi :
Pada baris 487, $data_dir = ‘/var/local/squirrelmail/data/’; ganti menjadi $data_dir = ‘/home/usercpanel/public_html/foldersquirell/smdata’;
Pada baris 505, $attachment_dir ganti value-nya menjadi ‘/home/usercpanel/public_html/foldersquirell/attach’;

Apabila sebelumnya anda telah membuat subdomain wmail, coba akses dengan http://wmail.namadomain/src/configtest.php untuk melihat apakah ada error disana atau tidak. Error yang terjadi biasanya adalah ketidaksesuaian configurasi php server anda untuk :

magic_quotes_runtime = Off
magic_quotes_gpc = Off
magic_quotes_sybase = Off

Error ini bisa diakali dengan membuatkan satu file .htaccess di folder squirell anda, lalu isikan :

php_flag magic_quotes_gpc off

Selamat mencoba.

Sumber : blog.idwebhost.com dan indra.chaidir.info

 

From → Iptek, Traveling

4 Comments
  1. mas udah aku approve kolom tuker link nya… salam kenal :mrgreen:

    cara bikin kolom seperti postingan mas setelah kata “melakukan setup halaman login squirellmail..” itu gimana ya?

  2. anto permalink

    mas internal server error
    gimana caranya
    maaf baru belajar
    thx;

    • Mungkin karena hosting di tempat Anda tidak mengizinkan pengaturan “php_flag magic_quotes_gpc off” di .htaccess.
      Coba hapus kembali baris tersebut. Kemudian buat file baru dengan nama php.ini yang berisi :
      magic_quotes_runtime = Off
      magic_quotes_gpc = Off
      magic_quotes_sybase = Off

      Letakkan file php.ini tsb di subdomain dari squirrelmail.

  3. Letakkan file php.ini tsb di subdomain dari squirrelmail

    maksudnya apa om? gak ngerti..

    mksdnya kyak gini bukan public_html/wmail/php.ini apa bukan?

Leave a comment